Menyambut HUT RI 78 , Desa Cikidang Mengadakan Lomba Pemanfaatan Tanah Pekarangan

Menyambut HUT RI 78 , Desa Cikidang Mengadakan Lomba Pemanfaatan Tanah Pekarangan

Cikidang – Panitia Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Desa Cikidang melaksanakan Penilaian Lomba Pemanfaatan Tanah Pekarangan Rumah Tingkat RT di wilayah Desa Cikidang Kecamatan Cilongok, pada Senin - Selasa, 7-8 Agustus 2023.


Kegiatan Lomba Pemanfaatan Tanah Pekarangan Rumah Tingkat RT di Desa Cikidang di ikuti oleh peserta 16 RT dengan menghadirkan Juri dari beberapa unsur, antara lain dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas, Tim Penggerak PKK Kecamatan Cilongok, dan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Lomba tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memperingati HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Desa Cikidang serta mensukseskan kegiatan Program Kampung Iklim (Proklim) Desa Cikidang Tahun 2023, dengan memanfaatkan lahan pekarangan, baik yang ada di lahan warga maupun pekarangan yang ada di lingkungan rumah warga. " kata Muhammad Haqqul Hidayat.


Sementara itu, Kepala Desa Cikidang Rusi Guntarto mengatakan, pemanfaatan lahan pekarangan rumah sangat dianjurkan dalam rangka mensukseskan kegiatan Program Kampung Iklim (Proklim) Tahun 2023 di Desa Cikidang. Sebagai wujud kepedulian serta pengaplikasian salah satu unsur utama Proklim yaitu Adaptasi (penyesuaian terhadap lingkungan) terkait ketahanan pangan, karena selain membuat lingkungan asri juga dapat memenuhi kebutuhan gizi dan tanaman obat keluarga. Selain itu pemanfaatan media tanam menggunakan sampah (berang bekas) juga sebagai wujud pengaplikasian unsur utama Proklim yaitu Adaptasi (penyesuaian terhadap lingkungan) terkait pengelolaan sampah.
"Hasilnya bisa untuk memenuhi kebutuhan gizi dan obat keluarga, bahkan bisa untuk penghasilan tambahan keluarga serta dapat mengurangi residu sampah dengan memanfaatkan sampah (barang bekas) menjadi media tanam," ujarnya.


Reporter : Zainal Arifin
Editor : Teguh Waluyo

Related Posts

Komentar