Desa Cikidang Terima Trophy Proklim Utama dari Kementerian LHK RI

Desa Cikidang Terima Trophy Proklim Utama dari Kementerian LHK RI

Cikidang-Desa Cikidang Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas memperoleh penghargaan Trophy Program Kampung Iklim (Proklim) Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia. Trophy Proklim tersebut diserahkan langsung oleh Menteri LHK RI Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc. kepada Kepala Desa Cikidang Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas, di Gedung Kementerian LHK Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Rusi Guntarto Kepala Desa Cikidang Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas mengatakan, Penghargaan Trohpy Proklim Utama yang diperoleh Desa Cikidang merupakan buah upaya kerja keras dan semangat dari seluruh masyarakat Desa Cikidang untuk ikut serta dalam mensukseskan program nasional pengendalian iklim dengan melaksanakan upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang terintegrasi, sehingga dapat mendukung target penurunan emisi GRK nasional dan meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim.

“Alhamdulillah Desa Cikidang mendapatkan Penghargaan Trohpy Proklim Utama dari Kementerian LHK RI, kami mengucapkan terimakasih kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas, Pembina Proklim Kecamatan Cilongok, Pendamping Mahasiswa Unsoed Purwokerto, Tim PPK ORMAWA BEM FIKES UMP 2023 dan seluruh stakeholder yang mendukung Proklim Desa Cikidang,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, Penilaian Proklim melalui proses pendaftaran di Sistem Registrasi Nasional (SRN) Pengendalian Perubahan Iklim telah dilakukan mulai awal tahun 2023 dan di verifikasi oleh kementerian pada bulan Agustus 2023.

“Semoga dengan diperolehnya proklim utama, kebiasaan masyarakat Desa Cikidang terhadap lingkungan dari seluruh aspek Proklim bisa dipertahankan  dan harapannya kedepan bisa meningkat ke jenjang Proklim Lestari ,” tutupnya.

 

Reporter : Zainal

Editor     : Teguh Waluyo

 

Related Posts

Komentar