Pembinaan Kampung Keluarga Berkualitas Kencanasari Desa Cikidang dari Penyuluh Keluarga Berencana Kecamatan Cilongok

Pembinaan Kampung Keluarga Berkualitas Kencanasari Desa Cikidang dari Penyuluh Keluarga Berencana Kecamatan Cilongok

Cikidang- Rabu, 09 Agustus 2023 bertempat di Balai Desa Cikidang KecamatanCilongok, Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Kencanasari Desa Cikidang mendapat pembinaan dari Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) KecamatanCilongok.

Kordinator Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) Kecamatan Cilongok selaku penyelenggaran kegiatan Ibu Sri Astuti, S.Sos mengatakan Kegiatan Pembinaan ini di ikuti oleh Kelompok Kegiatan (Poktan) Bina Keluarga Remaja (BKR) di Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Kencanasari Desa Cikidang yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta menambah wawasan orang tua dan remaja dalam pembimbingan dan pengasuhan remaja nya agar tumbuh kembang dengan baik dan menghindari adanya kenakalan remaja,seks bebas dan terhindar dari HIV Aids.
Harapannya setelah mendapat pembinaan tersebut agar lebih menggiatkan Poktan yang ada di Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Desa Cikidang untuk lebih maju dalam Pendidikan remaja nya serta untuk menambah pengetahuan tentang percepatan penurunan stunting " ujarnya.
Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan ini Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) Desa Cikidang, Bapak Karsono SH. menyampaikan materi terkait beberapa permasalahan remaja yang wajib diketahui orang tua antara lain :
1. Perubahan Penampilan
2. Akademis
3. Depresi
4. Komunikasi dengan orang terdekat
5. Bullying atau perundungan
6. Percintaan
7. Kecanduan Gadget
8. Rokok, Minuman Keras dan Obat-obatan terlarang


Adapun beberapa hal tindakan yang perlu dilakukan orang tua antara lain :
1. Menjaga komunikasi yang intens dengan anak
2. Memberikan rasa aman dan perasaan dicintai kepada anak
3. Memberikan kepercayaan kepada anak
4. Tidak mudah menghakimi anak
5. Menjadi pendengar yang baik bagi anak
6. Quality Time bersama anak
7. Temui Pskilolog atau Psikiater bila diperlukan

Acara pembinaan tersebut disambut begitu antusiasnya oleh peserta dalam mendengarkan paparan dari pemateri, selanjutnya acara ditutup dengan sesi tanya jawab yang dimanfaatkan dengan baik oleh para peserta untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan materi pembinaan.

 

Related Posts

Komentar